Jaringan Komputer (CHAPTER 4)
Elecia Budi Syabila (A11.2021.13227)
Jaringan Komputer merupakan sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi secara bersama. Melalui Jaringan Komputer dapat berbagai resource(data, program, periphheral komputer). Jaringan juga memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Dan dapat membantu usaha dalam melayani klien secara lebih efektif.
Penggunaan internet dalam bisnis mengalami perkembangan. Sekarang internet mendukung komunikasi dan kerja sama global antara pegawai, customer,
dan rekan bisnis yang lain secara online. Internet juga memungkinkan orang dari lokasi yang
berbeda dapat bekerja sama sebagai satu tim virtual untuk mengembangkan, memproduksi,
memasarkan dan juga pelayanan sesuai dengan kebutuhan customer. Dengan internet, memungkinkan web bisnis ini dapat diakses pada jaringan
global. Akibat internet, pemasaran
terhadap pemesanan produk dan pelayanan menjadi proses yang interaktif saat ini. Tujuan
dari pemasaran interaktif yaitu untuk menarik customer yang akan menjadi pengguna dari
produk kita. Customer tidak hanya sebagai peserta pasif yang hanya menerima iklan sebelum
membeli, melainkan customor diharapkan proaktif dan interaktif dalam pemasaran bisnis ini.
Ada beberapa keuntungan penggunaan internet dalam jaringan komunikasi pada
proses bisnis yang kita peroleh antara lain, menarik customer baru melalui pemasaran dan
periklanan web, memperbaiki pelayanan customer, kemampuan menjaga loyalitas customer,
mengantisipasi kebutuhan customer mendatang, serta dapat menanggapi kepedulian customer. Dan jika dilihat dari sudut
pandang customer, perusahaan secara konsisten dapat memberikan yang terbaik dengan
menjaga kebutuhan masing-masing customer, menyediakan informasi yang ada hubungannya secara menarik, dan menyediakan pelayanan sesuai
dengan kebutuhan customer.
Hal di atas menunjukkan alasan kenapa begitu banyak perusahaan berinvestasi pada
teknologi informasi cukup tinggi dan sistem komplek yang saling tersambung dengan
jaringan komputer, mengingat perusahaan sedang mencari customernya lewat internet.
Karena kebutuhan konsumen berkembang sangat cepat, perusahaan berharap dapat
berkomunikasi dengan konsumennya lewat internet. Sehingga internet menjadi strategi dan
memberi kesempatan kepada perubahan kecil maupun besar menanggapi produk dan
pelayanan dengan kualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Ada beberapa strategi
yang harus diperhatikan dalam bisnis, pertama strategi yang
berkaitan dengan penarikan minat customer, kedua, strategi yang berkaitan dengan
penjagaan loyalitas customer. Sedangkan tips agar bisnis jasa titip sukses yaitu dengan memudahkan cara pemesanan, menunjukan sertifikasi keamanan, menjaga
privasi customer, memudahkan akses, mengusahakan barang sampai sesuai yang dijanjikan, fast response,
menggunakan penjawab otomatis, dan melakukan konfirmasi.
Comments
Post a Comment