Teknologi Penelusuran, Semantik dan Rekomendasi (CHAPTER 6)

 Elecia Budi Syabila - A11.2021.13227


Mesin pencari

Sebuah aplikasi untuk menemukan halaman web atau konten lain (mis., dokumen, file media) pada sebuah jaringan komputer. 

Contoh : Google, Bing, Yahoo dllMesin pencari

Mesin pencari semantik

dirancang untuk mencari informasi berdasarkan sifatnya dan arti konten Web, bukan pencocokan kata kunci sederhana. Tujuannya meningkatkan keakuratan dan kegunaan hasil pencarian.

Peran teknologi pencarian

1. Pencarian perusahaan — mencari informasi dalam organisasi Anda

2. Mesin rekomendasi — menyajikan informasi kepada pengguna tanpa meminta mereka untuk melakukan pencarian aktif

3. Pemasaran mesin pencari (SEM) —dapat ditemukan oleh konsumen di Web

4. Pencarian web — menemukan informasi bisnis penting secara online

SEM mengintegrasikan tiga strategi berbeda:

1. pengoptimalan mesin pencarian (SEO)

2. bayar per klik (PPC)

3. pengoptimalan media sosial (SMO)

Tujuan SEO adalah membantu organisasi meningkatkan lalu lintas ke situs web

Faktor peringkat dikelompokkan menjadi setidaknya tiga kategori berbeda: reputasi atau popularitas, relevansi, dan kepuasan pengguna

Faktor Popularitas yang Digunakan oleh Mesin Pencari

1. Indikator media sosial

2. Lalu lintas situs

3. Tercantum di direktori Web berkualitas

4. Reputasi di ulasan situs

5. PageRank dari situs yang mengandung backlink

6. Rasio klik-tayang (RKT) SERP

7. Faktor halaman

8. Dwell time dan bounce rate: Dwell time








Comments